Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

  • Oleh Jurnalis Warga
  • 16 Juni 2023 - 21:10 WIB

MENJAGA berat badan bukan hanya agar penampilan terlihat menarik saja, tetapi menjaga berat badan juga bisa membuat kita semakin sehat dan produktif. Yang tidak sehat itu bukan cuma gemuk, tapi juga terlalu kurus. Berat badan ideal adalah berat badan yang sehat dan sesuai dengan tinggi badan.

Maka dari itu Berat badan ideal sangatlah penting. Berat badan ideal dapat kita hitung menggunakan rumus IMT (Indeks Massa Tubuh), yaitu berat badan (kilogram) dibagi pangkat dua tinggi badan (meter). Jika hasil indeksnya berkisar antara 18,5 - 25,0 tergolong ideal atau normal. Atas dasar indeks tersebutlah kita dapat menjaga agar berat badan kita tetap di IMT 18,5 25,0. Apabila nilai IMT melebihi nilai ideal tersebut, berarti yang dikonsumsi melebihi dari kebutuhan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya kurangilah porsi makan. Nah apabila sebaliknya, jika Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari nilai ideal, berarti asupan kalori kurang dari kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dapat diatasi dengan cara menambah asupan dan porsi makan supaya menambah berat badan agar mencapai IMT yang ideal atau normal. Dengan cara menambah atau mengurangi porsi makan, kita dapat menjaga berat badan kita agar memiliki berat badan yang ideal.

Berat badan juga salah satu faktor risiko untuk beberapa penyakit seperti gangguan metabolik, kencing manis, darah tinggi, dan kelebihan lemak darah. Namun, menjaga berat badan agar tetap ideal tidaklah mudah. Pola makan dan gaya hidup sering memicu orang menjadi gemuk. Itu terjadi karena tidak bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan serta memilih menu yang tinggi kalori dan berlemak. Gorengan, makanan tinggi lemak, dan daging merah merupakan menu harian di era modern seperti sekarang yang cenderung memiliki kalori berlebih. Jadi memang benar adanya kalau orang berbadan gemuk memiliki resiko yang besar terkena penyakit dibandingkan dengan orang yang tidak gemuk.

Cara yang dapat kita lakukan supaya memiliki berat badan ideal:

Pertama, Makan sesuai kebutuhan dan tepat waktu. Nah dengan cara menata menu dan menjaga asupan makanan yang kita makan setiap harinya, kita dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Kebanyakan orang sering kali membatasi porsi makan utamanya, tetapi lupa kalau jajanan juga dapat memberikan kalori yang berlebihan. Banyak orang tidak sadar akan kalori dari jajanan di luar seperti, gorengan, permen, teh bergula, minuman ringan atau bersoda, dan segala yang mengandung pemanis, serta yang berlemak adalah makanan yang memiliki kalori berlebih.

Namun banyak orang di era sekarang memiliki nafsu makan yang berlebih akibat jam makan yang tidak teratur. Akibatnya, pola makan terganggu. Porsi makan yang lebih dari kebutuhan juga tidaklah baik, meski dengan alasan menu yang serba nikmat. Semakin lezat menu atau makanan yang dikonsumsi, maka semakin tidak menyehatkan lantaran pada umumnya di era sekarang banyak sekali makanan yang tinggi kalori. Contohnya yang serba digoreng tentu sangat lezat dibandingkan dengan yang dikukus. Padahal menu yang diolah dengan cara digoreng lebih tinggi kandungan kalorinya dibanding yang dikukus.

Kedua, Memperbanyak serat.

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga dapat kita lakukan dengan cara memperhitungkan jenis dan jumlah asupan yang kita konsumsi. Kebanyakan orang lebih mementingkan nikmat dan kelezatan makanan dilidah. Jika itu terus dilakukan, maka dapat memicu faktor-faktor resiko penyakit berbahaya pada tubuh kita dikemudian hari. Kelebihan kalori dari menu makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan jumlah lemak dalam darah. Lemak yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolik tubuh.

Selain makan sesuai kebutuhan dan tepat waktu, nafsu makan juga harus dijaga. Tubuh kita sendiri dapat memberikan tanda kapan saatnya kita harus makan, dan kapan tidak perlu makan lagi. Itu adalah rasa lapar dan rasa kenyang. Secara alami kita bisa mengendalikan sendiri selera makan kita ke arah yang menyehatkan bila mau mendengar sinyal tubuh sendiri. Hanya makan bila kita sedang merasa lapar, dan tidak makan apa-apa kalau sudah tidak lapar. Kita hanya perlu makan sesuai kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.

Rasa lapar bisa diatasi dengan konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung serat atau berserat tinggi dengan kalori rendah. Seperti buah dan sayuran. Selain kaya akan serat, buah dan sayur juga kaya akan vitamin dan mineral. Rasa lapar akan hilang bila mengkonsumsi menu yang tinggi serat.

Ketiga, Berolahraga secara teratur.

Olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu kita menjaga berat badan agar tetap ideal. Nah untuk menjaga berat badan kita dapat melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menir per minggu dengan tingkat intensitas sedang atau juga 75 menit per minggu dengan tingkat intensitas tinggi. Lalu kita juga dapat melakukan beberapa olahraga seperti, berjalan kaki, berlari, berenang, bersepeda, dan angkat beban. Selain itu, penting untuk memilih jenis olahraga yang disukai dan dapat dilakukan secara rutin. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Serta dapat menjaga berat badan ideal.

Penulis: Syarifansah/Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

 

Berita Terbaru