Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Kecamatan Tewah Perlihatkan Perahu Naga hingga Tarian Manugal di Karnaval Budaya

  • Oleh Riska Yulyana
  • 18 Juni 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kontingen Kecamatan Tewah membawakan tema kegiatan mangugal di karnaval budaya yang dilaksanakan di Kota Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas, Sabtu, 17 Juni 2023.

"Pada karnaval kemarin tema yang kami bawakan yakni kegiatan manugal di desa wisata Upon Batu," ujar Camat Tewah Hendra Surya melalui Sekretaris Camat Boby, Minggu, 18 Juni 2023.

Dalam karnaval, kontingen Kecamatan Tewah mengihas mobilnya menyerupai perahu naga di mana di atasnya ada pula pasha tana.

"Menurut mitosnya, naga adalah penjaga Upon Batu di dasar tanah, sedangkan perahu melambangkan seluruh wilayah Desa Upon Batu, sedangkan pasha tana melambangkan pondok tempat memulai segala sesuatu di ladang, bisa juga dimaknai sebagai tempat perlindungan," jelas Boby.

Dalam karnaval tersebut, kontingen Kecamatan Tewah juga menampilkan tarian yang menggambarkan kegiatan manugal. Proses manugal yang dibawakan oleh penari merupakan perwujudan awal dari bercocok tanam secara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Ngaju khususnya di desa Upon Batu.

"Dalam pertunjukan tarian tersebut, terdapat gerakan asli Dayak Ngaju seperti tasai, kinyah, saluang murik, lemu lembai, serta dipadu dengan sajian karungut khas Desa Upon Batu yang dipadu padankan dengan gerak modern lainnya,"tukasnya. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru