Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Palangka Raya: Ekosistem Gambut Harus Dikelola Dengan Baik

  • Oleh Hendri
  • 20 Juni 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan ekosistem gambut yang tersebar di wilayah setempat harus dikelola dengan baik. Apalagi Kota Cantik itu memiliki luasan lahan gambut hingga 115.873 hektar.

"Ekosistem gambut merupakan bagian penting dari lingkungan hidup yang harus dilindungi dan dikelola dengan baik," katanya, Selasa, 20 Juni 2023.

Ekosistem gambut khususnya Kalimantan Tengah telah mengalami kerusakan yang masif akibat pemanfaatan yang melebihi daya dukung dan daya tampungnya, serta adanya kebakaran lahan.

"Pasca kebakaran lahan gambut di Kalimantan Tengah khususnya di kota kita sendiri maka perlu adanya pengelolaan ekosistem gambut tersebut," ujarnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah adanya penataan ulang ekosistem gambut, program pencegahan kerusakan ekosistem gambut, pemulihan, rehabilitasi dan restorasi ekosistem gambut.

"Perlu banyak peran aktif dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dalam rangka pengelolaan lahan gambut agar tetap terjaga," tuturnya.

Gambut memegang peranan penting dalam upaya mengatasi krisis iklim. Meskipun jumlah lahan gambut hanya sekitar 3-5 persen dari total wilayah di permukaan bumi, tapi keberadaannya mampu menyerap karbon dalam jumlah yang besar.

Diperkirakan bahwa keseluruhan lahan gambut di dunia dapat menyimpan hingga 30 persen karbon dunia agar tidak terlepas ke atmosfer. Jumlah ini pun jauh lebih besar dibandingkan jumlah karbon yang mampu disimpan oleh hutan di seluruh dunia.

"Oleh karenanya, lahan gambut harus dijaga dan dikelola dengan baik. Ketika gambut terbakar, maka ada banyak karbon dioksida dan zat-zat lainnya yang terlepas ke atmosfer dan berkontribusi terhadap perubahan iklim," pungkasnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru