Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Dukung Program KPK RI Cegah Korupsi Dari Desa

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 22 Juni 2023 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendukung program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) untuk mencegah korupsi dari desa.  

"Kami sangat mendukung sekali, apresiasi dan penghargaan kepada KPK RI dimana program mereka pencegahan dari desa. Karena kita ketahui selama pemerintahan Presiden Joko Widodo membuat program yang cukup besar untuk desa," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Rabu, 21 Juni 2023.

Halikin menghadiri bimbingan teknis calon desa anti korupsi di Kantor Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, bersama Wakil Bupati Irawati dan Ketua DRD Rinie. 

Bimbingan teknis itu dipimpin oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Freismount Wongso. Ini merupakan kunjungan kedua bagi Freismount setelah sebelumnya melakukan observasi penilaian calon desa anti korupsi. 

Halikin mengatakan, masa pemerintah Presiden Joko Widodo mengalokasikan dana melalui pembangunan desa sangat besar. Dulu hanya puluhan juta, sekarang anggaran desa mencapai miliaran.

"Itu sangat besar dan ini juga rawan. Disatu sisi rawan karena Sumber Daya Manusia yang sangat terbatas dan kualitas juga masih perlu ditingkatkan," ujarnya.

Peningkatan signifikan besaran dana desa itu berpengaruh kepada psikologis, sehingga perlu upaya pencegahan mulai dari desa. 

"Upaya KPK RI ini untuk pencegahan mulai dari desa. Bagaimna membuat desa-desa kita ini menjadi desa anti korupsi," imbuhnya. 

Dia menambahkan, apabila nanti semua desa anti korupsi dan sudah melaksanakan kegiatan berdasarkan ketentuan yang berlaku, maka bertahap naik ke kecamatan lalu kabupaten sampai Republik Indonesia terhindar dari korupsi dan nepotisme. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru