Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Targetkan 70,98 Persen Rumah Layak Huni di Kalteng pada 2024

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 Juni 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah pusat menargetkan rumah layak huni Kalimantan Tengah mencapai 70,98 persen pada 2024 mendatang.

Hal itu dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 dalam target pembangunan bidang perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi.

“Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) merupakan program yang terintegrasi dari pusat hingga ke daerah,” ungkapnya saat membuka resmi Coaching Clinic 6 Implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) di Aula Bappedalitbang Kalteng, Jumat, 23 Juni 2023.

Ia menyampaikan program ini melibatkan seluruh pihak dari kalangan pemerintah dan non-pemerintah di seluruh tingkatan pemerintahan.

Program ini dilakukan secara bertahap yang melibatkan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, dimaksudkan untuk pengarusutamaan sanitasi agar pembangunan dan layanan sanitasi dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Pada tahun 2015-2019 program PPSP memfokuskan pada pemutakhiran strategi SSK dan implementasi SSK, dan di tahun 2020-2024 program PPSP fokus pada peningkatan akses dan layanan sanitasi berkelanjutan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Kemudian tahun 2020-2024, arah kebijakan dan strategi Program PPSP, berdasarkan RPJMN, yaitu peningkatan kapasitas institusi dalam layanan pengelolaan sanitasi, peningkatan komitmen Kepala Daerah untuk layanan sanitasi berkelanjutan.

Setelah itu, pengembangan infrastruktur dan layanan sanitasi permukiman sesuai karakteristik dan kebutuhan daerah, peningkatan perubahan perilaku masyarakat dalam mencapai akses aman sanitasi dan pengembangan kerja sama dan pola pendanaan. (HERMAWAN DP/H) 

Berita Terbaru