Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rakor Karhutla Bahas Langkah Pencegahan dan Penanganan Darurat

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 27 Juni 2023 - 03:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Seruyan 2023, beberapa langkah dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dibahas secara mendalam.

Sekretaris Daerah Seruyan, Djainuddin Noor, menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut membahas strategi pengendalian Karhutla dan upaya pencegahan yang akan dilakukan.

Beberapa strategi yang dibahas antara lain adalah melakukan kerjasama dengan media elektronik dan media cetak untuk menyampaikan informasi terkait pengendalian Karhutla kepada masyarakat.

Selain itu, dilakukan sosialisasi pencegahan Karhutla secara masif ke masyarakat, kampanye pencegahan Karhutla, serta patroli terpadu dan kunjungan door to door ke masyarakat.

Selain itu, di setiap desa rawan Karhutla akan dibentuk kelompok masyarakat peduli api.

Selain langkah-langkah pencegahan, rapat koordinasi juga membahas upaya penanganan darurat. Beberapa langkah yang telah dilaksanakan adalah membentuk pos terpadu di setiap kecamatan untuk merespons kebakaran dengan cepat.

“Ketika terdeteksi adanya titik api, dilakukan pemadaman secara langsung. Jika daerah yang terkena sulit dijangkau, pemadaman dilakukan menggunakan helikopter water bombing. Selain itu, sumber air juga dipersiapkan dengan menyediakan tangki air lipat (collapsible tank) untuk daerah yang sulit mendapatkan pasokan air, “ ungkapnya.

Selain itu, dilakukan monitoring terhadap area yang terbakar dan pengukuran luas area yang terkena kebakaran juga dilakukan secara rutin.

Ditambahkan, rapat koordinasi merupakan upaya serius dari Pemerintah Kabupaten Seruyan dalam menghadapi risiko Karhutla. Dengan langkah-langkah pencegahan yang terencana dan penanganan darurat yang responsif, diharapkan Kabupaten Seruyan dapat mengurangi dampak kebakaran hutan dan lahan serta melindungi lingkungan dan keselamatan masyarakat. (FAHRUL/H)

Berita Terbaru