Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak Sapi Agar 'Tingkatkan Ilmu Peternakan

  • 31 Maret 2016 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Karyadi meminta kepada seluruh peternak sapi di Bumi Penyang Hinje Simpei untuk meningkatkan ilmu dalam meningkatkan peternakan sapi.

Menurut Karyadi, dalam beternak sapi peternak tak hanya memberi makan dan minum sapi saja. Namun ada sejumlah kiat lain dalam upaya meningkatkan peternakan sapi sehingga dapat optimal.

Dia menceritakan, berdasarkan pengalamannya saat berbincang dengan sejumlah peternak sapi di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, baru-baru ini, menurutnya, peternakan sapi di daerah tersebut sangat berkualitas dan patut ditiru oleh peternak sapi di Kabupaten Katingan.

Menurutnya, beternak sapi tidak melulu memberikan rumput segar saja. Namun agar sapi gemuk dan sehat juga harus diimbangi pemberian makanan lain seperti rumput kering dan daun-daun pepohonan.

"Ya, setelah saya melihat ternak sapi di Desa Malaka memang sangat bagus, sapi gemuk dan sehat. Ternyata pola makan sapi yang diberikan tidak mengandalkan rumput segara saja, namun ada jenis makanan lain yang baik bagi sapi," ujar Karyadi kepada Borneonews, Kamis (31/3), via seluler.

Untuk itulah, legislator Partai Demokrat ini meminta kepada peternak sapi di seluruh kecamatan yang ada agar dapat mencontoh metode peternak dari Desa Malaka.

"Saya yakin jika metode beternak sapi terus ditingkatkan oleh peternak sapi di Katingan, maka tidak menutup kemungkinan katingan dapat memenuhi kebutuhan daging sapi secara swasembada," pungkasnya. (HAIRUL SALEH/m)

Berita Terbaru