Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mal Pelayanan Publik Jadi Pilot Project Berbasis Digital, ini Kata DPRD Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Juli 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mendukung atas ditunjuknya daerah ini menjadi salah satu pilot project Mal Pelayanan Publik (MPP) berbasis digital di Indonesia. 

"Jadi ini agar memberikan pelayanan lebih cepat dan maksimal," kata Ketua Komisi I DPRD Kotim Rimbun, Selasa, 4 Juli 2023.

Dia menambahkan, penunjukkan ini juga sebuah kebanggaan karena di Indonesia hanya 21 MPP yang menjadi pilot project digitalisasi pelayanan. 

Menurutnya, digitalisasi itu sesuai dengan tujuan berdirinya MPP dalam pelayanan masyarakat. Bagaimana melayani dengan baik dan cepat, khususnya terkait administrasi dan perizinan.

"Jauh-jauh hari kami DPRD juga mendukung terkait kebijakan Mal Pelayanan Publik dengan pelayanan masyarakat tentang perizinan dikumpulkan jadi satu baik instansi horizontal maupun vertikal supaya fokus dan bisa dipantau oleh pemerintah daerah," tandasnya.

Dirinya menyampaikan, selama ini MPP telah berjalan dengan baik. Dengan adanya digitalisasi diharapkan lebih maksimal menjalankan tugas dan fungsi masing-masing instansi yang ada di MPP.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Diana Setiawan menghadiri puncuran aplikasi MPP  Digital di Istana Wakil Presiden,  Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023. Dengan digitalisasi memungkinkan segala urusan yang ada di MPP dapat dilakukan melalui 1 aplikasi mobile. Digitalisasi MPP dipercaya dapat mengurangi praktik percaloan.

"Ada 120 MPP di Indonesia yang dilakukan penilaian oleh pemerintah pusat. Namun hanya 21 yang dijadikan pilot project digitalisasi MPP, salah satunya MPP Kabupaten Kotawaringin Timur," demikian Diana. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru