Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikbud Kobar Gelar Pelatihan Tingkatkan Kompetensi Literasi Kepsek dan Guru

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Juli 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Dikbud Kobar) mengelar kegiatan pelatihan bertempat di salah satu hotel Pangkalan Bun.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di wilayah Kobar yang berlangsung selama 3 hari dimulai 4 Juli sampai dengan 6 Juli 2023.

Pembukaan kegiatan pelatihan dihadiri oleh Plt Kadisdikbud Kobar Jamri, Kabid Pendidik Tenaga Kependidikan dan Pengembangan Kurikulum Rachmat Trisjianto, Kasi PTK SMP dan Non Formal Rumani serta narasumber dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Tengah, Barlimanto.

Jamri mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangat diperlukan dalam menciptakan tenaga pendidik (guru) yang memiliki kompetensi dalam menyiapkan generasi emas penerus pembangunan bangsa.

"Kobar siap menyongsong generasi emas penerus bangsa dan yang mempersiapkannya adalah para guru. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan, bapak ibu guru yang menjalankan," kata Jamri.

Menurut Jamri, pelatihan kompetensi yang dilaksanakan setiap tahun ini akan sia-sia jika tidak didukung usaha dan kerja keras para guru dalam menjalankannya di lingkungan sekolah.

"Sekolah harus menjadi tempat anak-anak bertumbuh kembang dan mendapatkan pendidikan yang terbaik, sehingga dengan didukung kemampuan dari para guru yang mempunyai kompetensi mumpuni, diharapkan semua sekolah dapat melahirkan anak-anak yang berprestasi," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi (PTK) SMP dan Non Formal Disduk Kobar Rumani menyampaikan, pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah SD dan SMP di wilayah Kotawaringin Barat.

"Pelatihan ini bertujuan, meningkatkan kompetensi profesional guru dan kepala sekolah di bidang literasi dan numerasi dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas para pendidik yang notabene dapat menunjang program pemerintah dalam meningkatkan pendidikan anak, sehingga dapat memacu prestasi anak di sekolah," tuturnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru