Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Satlinmas di Lamandau Dilatih Tingkatkan Kapasitas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Juli 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Ratusan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Lamandau tengah menjalani pembinaan dan pelatihan. Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menilai kegiatan itu sangat penting untuk konsolidasi serta peningkatan kapasitas dan keterampilan Satlinmas Kabupaten Lamandau.

“Dengan jumlah anggota yang hampir mencapai 600 orang, Satlinmas ini merupakan kekuatan yang sangat besar sebagai ujung tombak dalam menciptakan kamtibmas dan membantu pada setiap kegiatan sosial kemasyarakatan,” sebut Bupati Hendra di Nanga Bulik, Kamis, 6 Juli 2023.

Menurut Hendra, keberadaan anggota Satlinmas merupakan salah satu komponen penting di tengah masyarakat. Apalagi, pelaksanaan hajatan besar yakni Pemilu tahun 2024 akan digelar.

“Sesuai arahan Presiden, kita sedang konsolidasi kekuatan pengamanan Pemilu 2024,” jelas Hendra.

Oleh sebab itu, lanjut Hendra, peningkatan kemampuan, kapasitas dan kapabilitas Satlinmas di Kabupaten Lamandau, perlu dilakukan. Agar ke depan seluruh anggota Satlinmas dapat memahami tugas dan fungsinya.

Dikatakan Hendra, pelatihan tersebut juga merupakan penerapan dari Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu berharap, dengan peningkatan kapasitas satlinmas bekerjasama dengan bhabinkamtibmas dan babinsa bisa membantu masyarakat kaitan dengan kegawatdaruratan, keamanan, dan ketenteraman di masyarakat.

“Untuk itu, setiap desa diharapkan memiliki satlinmas yang dibentuk oleh pemerintah desa atau kelurahan dan beranggotakan masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru