Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlinmas Diminta Jaga Netralitas saat Amankan Pemilu 2024

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Juli 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sekitar 600 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Lamandau mendapat pelatihan dan pembinaan dalam rangka peningkatan kapasitas dan ketrampilan, khususnya terkait dengan pengamanan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Saya harap Satlinmas tetap menjaga netralitas saat membantu pengamanan Pemilu,” pinta Bupati Lamandau, Hendra Lesamana saat membuka Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas di Kecamatan Menthobi Raya, baru-baru ini.

Hal senada diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpoldam) Kabupaten Lamandau, Aprimeno Sabdey. Pasalnya, anggota Satlinmas tersebut nantinya akan bertugas dalam pengamanan selama pemilu berlangsung.

Dijelaskan Aprimeno, pihaknya sudah mulai melakukan pembinaan dan pelatihan sejak beberapa minggu terakhir terhadap anggota Satlinmas yang bertugas pada Pemilu 2024. Dalam pembinaan tersebut, tidak hanya disampaikan tugas dari anggota Satlinmas, namun juga harus netral.

“Dalam pembinaan kita juga membahas tentang apa tugas-tugasnya sebagai anggota Satlinmas di TPS, dia harus netral dan tidak boleh berpihak,” ujarnya.

Aprimeno menuturkan, anggota Satlinmas yang juga memiliki hak pilih dalam pemilu tentunya dapat memilih siapa saja. Meski begitu, ia menekankan bahwa anggota Satlinmas tidak diperkenankan untuk berafiliasi dengan peserta pemilu.

“Anggota Satlinmas itu sifatnya netral secara kelembagaan, tapi ketika dia sebagai seorang pemilih tentu karena dia masyarakat sipil dan bukan anggota TNI/Polri. Mereka berhak memilih siapa saja, tapi tidak boleh berafiliasi ke peserta pemilu manapun,” tegasnya.

Pembinaan dan pelatihan kepada Satlinmas, imbuh dia, dilakukan secara bertahap dan tidak dikonsentrasikan pada satu lokasi, namun dikelompokkan per kecamatan masing-masing. Hingga saat ini pihaknya telah melakukan pelatihan pada Satlinmas di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Lamandau. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru