Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Minta Pemprov Perhatikan Sektor Kesehatan di Sukamara

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juli 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng Sugiyarto meminta khususnya kepada Pemprov Kalteng supaya dapat memperhatikan sektor kesehatan di wilayah Kabupaten Sukamara baik dari peningkatan sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung sektor tersebut.

Dia mengatakan, memang sebenarnya sektor kesehatan di kabupaten itu menjadi tugas pemkab memperhatikannya, akan tetapi pemprov juga tidak begitu saja melepas tanggung jawab, sebab sejumlah hal juga memerlukan perhatian dari pemprov ketika pemkab tidak dapat memenuhinya.

"Artinya pemprov harus membantu pemkab untuk memenuhi kebutuhan terkait peningkatan sarana maupun fasilitas kesehatan itu. Apalagi di Kabupaten Sukamara bisa dikatakan tertinggal dari segi pembangunan salah satunya yakni sektor kesehatan dan pendukungnya yaitu nfrastruktur dibanding daerah tetangganya," ucapnya, Rabu, 12 Juli 2023.

Salah satu yang perlu mendapat bantuan pemprov yakni terkait peningkatan infrastruktur jalan menuju salah satu fasilitas kesehatan yakni Puskesmas Muntai yang ada di wilayah Kabupaten Sukamara. Di mana jalan tersebut masih menggunakan batu belah bukan aspal, sehingga masyarakat kerap kesulitan menuju puskesmas tersebut.

"Bahkan saya pernah merasakannya ketika melaksanakan reses beberapa waktu lalu kesana. Persoalannya jalan itu sulit diperbaiki karena jalan menuju puskesmas tersebut masih masuk wilayah Kabupaten Kobar. Sehingga, perlu ada solusi, baiknya pemprov jadi penengah dan memperbaiki jalan itu," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, dengan kondisi jalan yang masih berupa bebatuan tersebut apabila ada ibu hamil yang ingin melahirkan melewati jalan itu maka sangat rawan. Oleh karenanya, jalan penghubung antara dua kabupaten yakni Sukamara dan Kobar ini sekaligus berfungsi untuk menuju fasilitas kesehatan sangat perlu diperbaiki.

"Tentu kita khawatir apabila tidak diperhatikan pastinya akan membahayakan bagi masyarakat terutama ketika membawa ibu hamil atau orang yang sakit ke Puskesmas Muntai. Sekali lagi harapan kita Pemprov Kalteng agar bisa jadi penengah dan membantu perbaikan atau pengaspalan jalan tersebut," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru