Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Pakar Golkar Usul Luhut-Bamsoet Gantikan Airlangga

  • Oleh ANTARA
  • 13 Juli 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam menilai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) pantas menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum partai berlambang pohon beringin itu.

"Saya ini klasifikasinya biasa-biasa saja, kalau saya lihat ada beberapa nama di mana Orang yang duduk di pemerintahan, super hebat. Siapa yang selevel oleh Pak Airlangga Ya Opung, Luhut Binsar Pandjaitan. Itu kalau mau dilihat yang super hebat,” kata Ridwan dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu.

Ia menilai Luhut cocok sebagai senior Golkar yang duduk di pemerintahan. Ridwan juga menyebut sejumlah tokoh di pemerintahan yang juga politikus Golkar tetapi belum mumpuni.

Adapula nama Menko PMK Muhadjir Effendy tetapi sudah bukan bagian Golkar. Pasalnya, Muhadjir pernah menjadi pengurus Golkar Malang pada masa pemerintahan Orde Baru.

"Menkopolhukam Mahfud MD, dia tidak pernah Golkar. Pak Luhut di Golkar sebagai ketua dewan penasihat, terus ada lagi yang di pemerintahan, Pak Bahlil pernah menjadi pengurus Golkar terus ada lagi Pak Agus Gumiwang. Menpora yang lagi sekarang tapi kan tidak ada, mungkin tidak masuk kriteria, belum masuk kriteria," tambahnya.

Lalu, Bamsoet salah satu yang cocok menggantikan Airlangga merupakan bagian di luar pemerintahan. Ia juga mengklaim dirinya layak menggantikan Airlangga.

“Di luar pemerintahannya ya calonnya itu aja ada Pak Bamsoet, ada saya, tapi tidak menutup senior kalau mau turun,” kata Ridwan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri (Soksi) mengungkapkan bahwa Luhut mampu menjadi Ketua Umum Golkar di tengah kesibukannya.

Pasalnya, sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu memiliki kepemimpinan yang luar biasa. Hal ini berbeda dengan Airlangga yang dinilai tak berhasil membagi waktu sebagai menteri dan ketua umum.

"Luhut itu sibuknya luar biasa, tapi dia punya kepemimpinan luar biasa. Karena, dia mengerti manajemen. Jadi tidak harus dia yang pimpin," jelas Lawrence.

Berita Terbaru