Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sakariyas Lantik Sejumlan Pj Kades dan BPD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juli 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas melantik sejumlan penjabat (Pj) kepala desa dan pergantian antar waktu kepala desa serta badan permusyawaratan desa (BPD) di Gedung Salawah Kasongan, Rabu, 12 Juli 2023.

Bupati berharap, penjabat kepala desa dan pengurus badan permusyawaratan desa yang baru dilantik dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi kewenangannya dan kewajibannya sesuai perundang undangan dan peraturan yang berlaku.

"Kepada penbatan kepala desa agar memperhatikan tata kelola pemerintah yang baik, dalam hal ini untuk menghindari kesalahan yang telah dilakukan oleh beberapa orang kepala desa, penjabat kepala desa maupun perangkat desa dalam mengelola keuangan desa sehingga mereka terjerat masalah hukum," ujarnya.

Menurus Sakariyas, BPD merupakan parlemen di pemerintahan desa yang merupakan perpanjangan penyambung aspirasi masyarakat dan berfungsi melakukan evaluasi dan mengawasi kinerja kepala desa dan perangkat desa.

Sakariyas mengatakan, setiap tahun dana desa (DD) terus bertambah atau meningkat. Untuk tahun 2023 ini alokasi dana desa di Katingan sebesar Rp 81, 075 miliar lebih atau mengalami kenaikam sebesar Rp 9 miliar lebih dari tahun 2022.

Rata- rata, tahun ini untuk satu desa dana desa sebesar Rp 130 miliar lebih, mengalami kenaikan dari tahun 2022 sebesar Rp1, 166 miliar lebih. "Untuk dana desa tahun 2023 ini juga pemerintah desa wajib menyediakam anggaran minimal 10% dan maksimal 25% untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) sebesar Rp 300 ribu selama 12 bulan guna pemulihan ekonomi dampak covid-19," tambah Bupati Katingan Sakariyas. (ABDUL GOFUR/Y)

Berita Terbaru