Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Korsleting Listrik, DPKP Imbau Perhatikan Instalasi Listrik Pada Bangunan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 26 Juli 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan instalasi listrik pada setiap bangunan.

Baik itu bangunan rumah maupun bangunan gedung, diperhatikan di sini dalam artian untuk mencegah arus pendek atau korsleting listrik yang dapat menyebabkan terjadinya musibah kebakaran.

"Instalasi listrik di bangunan ini juga harus aman dan benar, selain itu akses untuk memperbaiki atau mengganti kabel pun harus nyaman dan aman," Kata Kepala Seksi Investigasi DPKP Kota Palangka Raya Setni Kristianti, Rabu, 26 Juli 2023.

Sambungnya, apabila bangunan berusia cukup tua mulai lima tahun ke atas, masyarakat harus melakukan pengecekan kondisi kabel - kabel yang berada di rumahnya, dan mengecek apakah arus listrik di rumah normal atau bermasalah.

Apabila menemukan adanya kabel yang cukup tua dan usang, masyarakat disarankan segera mengganti kabel tersebut, sebelum kabelnya terkelupas dan menyebabkan korsleting listrik yang bisa memicu percikan api.

"Mari cegah sedini mungkin korsleting listrik dengan bijak mengganti setop kontak dan kabel - kabel di dalam rumah, terlebih kabel yang berusia cukup tua atau sudah usang," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru