Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispusip Kalteng Berikan Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Agustus 2023 - 02:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kalteng memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan, Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Kepala Dispursip Provinsi Kalteng, Nunu Andriani menyampaikan bimtek ini adalah bagian dari pelaksanaan Perpres No. 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Bimtek menjadi upaya meningkatkan kinerja, produktivitas, efektivitas, untuk mempermudah pekerjaan serta bermanfaat untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), PANRB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kemkominfo,” jelasnya di Aula Batang Garing Best Western Hotel Palangka Raya, Kamis, 3 Agustus 2023.

Aplikasi Srikandi berbagai fitur, mulai dari penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, penandatanganan, pengiriman.

Kemudian, penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

Penerapan aplikasi Srikandi dalam setiap instansi pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan.

Sekaligus menjadi memori kolektif bangsa, karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah. (HERMAWAN DP/Y) 

Berita Terbaru