Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batik Khas Pulang Pisau Mampu Bersaing di Tingkat Nasional

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 04 Agustus 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau -  Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pulang Pisau, Elieser Jaya mengatakan bahwa motif khas batik kabupaten setempat memiliki peluang besar untuk bersaing dipasar yang lebih luas baik itu ditingkat Dearah sampai dengan di tingkat nasional.

Saat ini Pemerintah Dearah terus mendorong untuk menjadikan batik yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau bisa dikenal oleh masyarakat luas yang salah satunya dengan cara meningkatkan kemampuan para pembatik melalui sebuah pelatihan.

"Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus sebagai upaya untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang kreatif pembuatan batik," ucap Elieser, Jumat, 4 Agustus 2023.

Ia melanjutkan, dengan diadakan beberapa pelatihan kedepannya, diharapkan nanti para pembatik  bisa menciptakan motif yang lebih bervariatif dengan cara cetak.

"Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengenal pangsa pasar yang lebih luas, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa sampai ke ranah internasional," jelasnya.

Ia berharap, agar para penekun batik nantinya bisa terus lebih kreatif dan memproduksi batik dengan kuota yang lebih banyak. Selain itu, masyarakat juga tidak perlu malu untuk menggunakan pakaian batik. Sebab, batik merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. (M PRADILA KANDI/J)

Berita Terbaru