Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Gizi Masyarakat Diprioritaskan pada Percepatan Pencegahan Stunting

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Agustus 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng, Suyuti Syamsul menyampaikan percepatan perbaikan gizi masyarakat, diprioritaskan pada percepatan pencegahan stunting dengan target penurunan prevalensi stunting adalah 14 persen dan wasting 7 persen di tahun 2024.

Ia menuturkan dalam rangka upaya penurunan stunting dan wasting disusun Indikator Kinerja Program (IKP) dan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) dalam Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020- 2024.

Dimulai dari Persentase Bumil KEK target 10 persen tahun 2024,  kemudian persentase kabupaten/kota yang melaksanakan surveilans gizi target 100 persen tahun 2024.

Setelah itu, persentase Puskesmas mampu Tatalaksana Gizi Buruk pada Balita Target 60 persen tahun 2024 dan terakhir persentase bayi usia kurang dari 6 bulan mendapat ASI Eksklusif target 60 persen tahun 2024.

Suyuti menyampaikan untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan kegiatan perbaikan gizi masyarakat yang dimonitor dan dievaluasi secara berkala melalui surveilans gizi yang meliputi  indikator masalah gizi dan indikator kinerja program gizi.

“Dengan demikian, salah satu upaya percepatan penurunan stunting dilakukan melalui penguatan surveilans gizi,” ungkapnya saat Pertemuan Koordinasi Pengelola Program Gizi di Neo Hotel Palangka Raya, Kamis, 3 Agustus 2023. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru