Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Optimis Pemprov Dapat Penuhi Persyaratan Modal Bank Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Agustus 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati merasa optimis bahwa pemprov akan dapat memenuhi persyaratan modal sebesar Rp3,5 triliun untuk Bank Kalteng. Pasalnya, hal itu diperlukan agar Bank Kalteng bisa berstatus sebagai Perusahaan Daerah (Perusda).

Menurutnya, penyertaan modal tambahan dari Pemerintah Provinsi sangat penting untuk menghadapi tuntutan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia yang mengharuskan Bank Kalteng memiliki kecukupan modal minimal Rp3,5 triliun pada tahun 2024 agar dapat beroperasi sebagai Perusda.

"Kami optimis bahwa Pemprov Kalteng akan berkomitmen untuk bisa menanamkan dana Rp3,5 triliun itu untuk modah bagi Bank Kalteng. Sebab, hal itu tidak hanya menegaskan status Bank Kalteng sebagai perusda, tapi juga untuk mendukung perkembangan perbankan daerah," ucapnya, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Ia mengatakan bahwa, pihaknya pun telah melakukan pembahasan intensif mengenai mekanisme rencana perubahan status hukum Bank Kalteng dari PT menjadi Perseroda serta mengidentifikasi kendala-kendala yang mungkin timbul selama proses tersebut.

Dalam konteks ini, DPRD Kalteng melalui pansus juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait persyaratan yang ditetapkan oleh OJK dan Bank Indonesia, agar Bank Kalteng memenuhi modal minimal yang memastikan langkah-langkah yang diambil sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.


"Bank Kalteng, sebagai bank daerah yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan keuangan di Kalteng diharapkan akan semakin berkembang dengan status sebagai Perusda. Langkah ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada nasabah dan memperkuat posisi bank tersebut dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab," ujarnya.

Disamping itu, harapan optimistik ini juga mencerminkan komitmen jajaran legislatif dalam mendukung perbankan daerah dan memastikan keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng melalui sektor keuangan.

"Dengan langkah-langkah strategis dan dukungan penuh dari pemprov, tentu Bank Kalteng berpotensi untuk semakin maju dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah provinsi ini," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru