Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Gencarkan Peningkatan SDM di Pelosok

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Agustus 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keberadaan sumber daya manusia (SDM) memadai yang memiliki kapasitas maupun kualitas di suatu daerah pastinya akan dapat memberikan dampak positif terhadap daerah itu sendiri utamanya pelosok.

Oleh Karena itu, Anggota DPRD Kalteng, Sengkon mendorong pemerintah baik itu provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng ini untuk dapat menggencarkan peningkatan SDM di wilayah pelosok, sehingga suatu daerah utamanya pedesaan bisa terus mengalami kemajuan.

"Ini penting untuk diperhatikan, apalagi peningkatan SDM di daerah tertinggal. Dengan adanya upaya peningkatan SDM ini maka diharapkan daerah itu bisa memiliki banyak SDM yang memiliki kapasitas, sehingga mampu membuat daerahnya maju," ujarnya, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Ia mengungkapkan, adanya begitu banyak SDM di pelosok yang tidak dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Kebayakannya hanya lulusan SD, SMP maupun SMA/SMK. Dari jenjang pendidikan yang didapatkan itu kapasitas tentu masih belum terlalu memadai.

Maka dari itu perlu untuk diperhatikan oleh pemerintah dengan menggencarkan peningkatan kapasitas melalui program pelatihan disegala bidang agar SDM yang ada tersebut bisa semakin memiliki kapasitas maupun kualitas.


"Banyak SDM di pelosok yang sulit bersaing baik dalam dunia kerja maupun usaha, karena kapasitas mereka masih belum mumpuni. Nah, dengan adanya pelatihan diharapkan mereka bisa memiliki kualitas, sehingga mereka pun bisa bersaing didunia kerja serta usaha," ucapnya.

Mengenai hal itu juga, sering kali menjadi aspirasi masyarakat di daerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan agar bisa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah. Sebab, dukungan pemerintah sangat penting dalam rangka untuk mewujudkan kemajuan daerah khususnya Kalteng.

"Semakin banyak SDM yang memiliki kualitas dan tersebar secara merata, hal itu akan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Tidak hanya itu bagi SDM atau masyarakat itu sendiri juga dampak positifnya yakni dari segi peningkatan kesejahteraan," pungkasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru