Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WBP Rutan Kapuas Berlatih Lawang Sakepeng Demi Lestarikan Tradisi Lokal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Agustus 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas dengan tujuan melestarikan tradisi daerah, mengajak para Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) untuk berlatih Lawang Sakepeng.

Kegiatan tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto menyampaikan dalam semangat memperingati kemerdekaan, Rutan Kapuas mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada masyarakat.

Menurut dia, Lawang Sakepeng dipilih sebagai tradisi khas daerah yang akan diajarkan, karena memiliki nilai historis dan seni yang tinggi.

“Para WBP dengan antusias mengikuti latihan Lawang Sakepeng. Mereka belajar gerakan-gerakan khas Lawang Sakepeng, seperti langkah kuat dan gerakan tangan yang elegan, sambil memahami makna dan filosofi di baliknya," katanya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Lebih lanjut, dia berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman positif kepada para WBP serta menguatkan rasa kebanggaan dan cinta terhadap budaya daerah.

"Selain itu, melalui latihan Lawang Sakepeng ini, Rutan Kapuas juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal, serta menciptakan lingkungan yang positif dan bernuansa kebersamaan di dalam Rutan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru