Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revolusi Mental Pegang Peran Penting dalam Berbangsa dan Bernegara

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Agustus 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Herson B Aden mengingatkan pentingnya revolusi mental dalam berbangsa dan bernegara.

“Revolusi mental sangat diperlukan untuk menjauhkan diri dari praktik-praktik dalam berbangsa dan bernegara yang dilakukan dengan tidak jujur, tidak memegang etika dan moral, tidak bertanggung jawab, tidak dapat diandalkan, tidak bisa dipercaya,” sebut Herson dalam keterangan saat memberikan pembekalan kepada calon Paskibraka Kalteng, Selasa, 8 Agustus 2023.

Selain itu, lanjut dia, dalam bidang perekonomian kita tertinggal jauh dari negara lain, karena kehilangan etos kerja, daya juang, daya saing, semangat mandiri, kreatifitas dan semangat inovatif.

Sebagaimana diketahui, delapan prinsip revolusi mental diantaranya bukan hanya proyek tapi gerakan sosial, ada tekad politik untuk menjamin kesungguhan pemerintah, harus bersifat lintas-sectoral.

Kemudian, bersifat partisipatif kolaborasi pemerintah, masyarakat sipil, sektor privat, dan akademisi, diawali dengan pemicu (value attack), desain program harus ramah pengguna, popular.

Selanjutnya, menjadi bagian dari gaya hidup, dan sistemik-holistik (berencana-semesta) serta nilai-nilai yang dikembangkan bertujuan mengatur kehidupan sosial (moralitas publik) dan diukur dampaknya.

Materi Revolusi Mental diharapkan akan menjadi landasan untuk membentuk para pemuda yang memiliki perspektif yang positif, sikap kerja keras, dan semangat cinta tanah air. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru