Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Optimis Tingkatkan Kategori Kabupaten Layak Anak Tahun Depan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 12 Agustus 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) optimis mampu meningkatkan kategori kabupaten layak anak tahun depan. 

"Tahun depan insya Allah bisa kita mencapai di atas Pratama karena nilainya saat ini sudah poinnya 588 tinggal sedikit saja Tinggal 12 persen lagi kita mencapai Madya," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kotim Imam Subekti, Jumat, 11 Agustus 2023.

Kabupaten layak anak memiliki 4 kategori yakni Pratama, Madya, Nindya ada utama. Kabupaten Kotim masih berada dikategori Pratama, dimana rentang nilai kategori tersebut 500-600 poin. 

Imam berkata, peningkatan predikat kabupaten layak anak dapat diraih jika seluruh stake holder bergerak dan komitmen. 

"Harus ada dukungan pimpinan, dukungan anggaran, dukungan semua stakeholder termasuk dunia usaha karena dunia usaha pun banyak titik-titik mereka bisa menambah poin untuk Kabupaten layak," ujarnya. 

Beberapa titik tempat umum harus ramah anak. Seperti tempat ibadah yang layak anak mulai dari mushola, langgar gereja, Vihara ada spot-spot di tempat tersebut yang berkaitan dengan ramah.

"Ada gugus tugasnya juga termasuk regulasinya," tutupnya.

Sebelumnya, Kotim berhasil meraih predikat kabupaten layak anak kategori pratama untuk pertama kalinya. Imam mengatakan, penghargaan itu akan diberikan kepada Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor oleh Gubernur Kalimantan Tengah saat memperingati hari proklamasi kemerdekaan RI ke-78. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru