Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Gelar Bimtek Keamanan Pangan bagi Pelaku Usaha IRTP

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Agustus 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Keamanan Pangan bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan atau IRTP, Senin, 14 Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Tamiang Layang tersebut diikuti oleh 30 pelaku usaha IRTP yang berasal dari berbagai kecamatan di Barito Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Jimmi WS Hutagalung mengatakan, Bimtek keamanan pangan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha agar produksi makanan yang dihasilkan terhindar dari cemaran cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan.

"Bimtek ini juga merupakan salah satu syarat bagi pelaku usaha IRTP untuk mendapatkan izin usaha," jelasnya.

Karena itu dia berharap para pelaku usaha yang mengikuti Bimtek dapat memperhatikan baik-baik materi yang disampaikan narasumber sehingga kelak dapat diterapkan pada usaha IRTP yang dikelola.

Pada kesempatan itu Jimmi juga menyampaikan imbauan kepada pelaku usaha IRTP di Barito Timur agar memperhatikan kualitas makanan yang akan dijual ke masyarakat.

"Jangan mengecewakan masyarakat yang berkaitan dengan mutu dan gizi. Kemudian pengawet dan bahan tambahan makanan yang membahayakan kesehatan agar dihindarkan," pesannya.

Adapun materi yang akan diterima para pelaku usaha dalam Bimtek tersebut meliputi peraturan perundang-undangan di bidang pangan, keamanan dan mutu pangan, teknologi proses pengolahan pangan, prosedur operasi sanitasi yang standar, cara produksi makanan yang baik, penggunaan bahan tambahan makanan serta persyaratan label dan iklan pangan. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru