Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden dan Ibu Negara Pantau Gladi Bersih Upacara HUT ke-78 RI

  • Oleh ANTARA
  • 15 Agustus 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut memantau Gladi Bersih Upacara Detik-Detik Proklamasi untuk memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak duduk di mimbar kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, ketika gladi bersih diselenggarakan.

Keduanya terlihat masih mengenakan seragam Pramuka usai sebelumnya menghadiri kegiatan Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka 2023 di Cibubur, pada hari yang sama.

Selain presiden dan ibu negara, gladi bersih upacara dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Rangkaian upacara HUT RI rencananya dimulai dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Tahun ini, jalur kirab diperpanjang dari Cawan Monas menuju perempatan Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Selatan. Di sekitar Patung Arjuna Wijaya, kirab melalui beberapa kantor kementerian menuju istana.

Turut dalam iring-iringan kirab tersebut, perwakilan dari Tim Purna Paskibraka menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa untuk membawa Bendera Merah Putih dan naskah asli Teks Proklamasi.

Duplikat bendera dan naskah asli Teks Proklamasi kemudian diserahkan untuk diletakkan di mimbar kehormatan di Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan ANTARA ketika gladi bersih upacara, kirab Kereta Kencana Ki Jaga Rasa antara lain diiringi pasukan berkuda dan pasukan marching band korps TNI-Polri.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan dentuman tembakan meriam, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian prosesi yang dipimpin inspektur upacara mulai dari Mengheningkan Cipta, pembacaan doa oleh Menteri Agama, dan pengibaran Bendera Merah Putih.

Berita Terbaru