Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Soal Tudingan Malapraktik Penanganan Bayi, Direktur RSUD Pulang Pisau Bilang Begini

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 22 Agustus 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Adanya tudingan malapraktik penangan pasien seorang bayi yang dirawat di RSUD Pulang Pisau, pihak rumah sakit pun angkat bicara.

Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Pulang Pisau dr. Muliyanto Budihardjo memberikan bantahannya atas dugaan malapraktik yang dituduhkan terhadap pihak rumah sakit setempat dalam penanganan pasien seorang bayi.

Dalam hal ini, ia membenarkan pada 3 Juli 2023 di RSUD Pulang Pisau bayi tersebut lahir dengan operasi cesar. Kondisi bayi yang lahir dalam pesalinan tersebut dengan kondisi berat bayi lahir rendah atau prematur.

"Dalam jangka waktu dua hari, bayi tersebut kami sudah izinkan untuk pulang," ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam proses penanganan bayi tersebut,  pihaknya telah mendapatkan rujukan dari Puskesmas Pangkoh dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) di RSUD setempat.

"Secara prosedur tindakan yang kami lakukan sudah sesuai SOP. Apabila kami diduga melakukan malapraktik, hal tersebut tidak mungkin. Sebab, setiap tindakan medis yang kami lakukan selalu berkoordinasi dengan keluarga pasien," jelasnya.

Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh pihak RSUD Pulang Pisau yang berakreditasi bintang lima tersebut dengan melakukan pertemuan bersama keluarga pasien.

"Saya bersama tim RSUD telah menjawab semua pertanyaan yang telah diajukan keluarga pasien secara medis dan bahkan orang tua bayi menerima kondisi yang dialami bayi," tutupnya. (M PRADILA KANDI/J)

Berita Terbaru