Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Pulang Pisau: Tidak Ada yang Salah Penanganan, Pasien Bayi Infeksi Sepsis Disfungsi Organ

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 22 Agustus 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Komite medis BLUD RSUD Pulang Pisau dr Munawar mengatakan, pasien seorang bayi yang disebut mengalami malapraktik saat ditangani di rumah sakit ini, berdasarkan hasil medis sebelumnya yang bersangkutan menderita infeksi sepsis yakni disfungsi organ karena deregulasi sistem imun seseorang, infeksi sepsis tersebut menyerang seluruh tubuh melalui darah.

"Infeksi yang terjadi tidak hanya pada otak dan paru-paru saja melainkan gangguan multiorgan pada tubuh, terjadinya pengumpalan darah pada ateri atau pembuluh darah," ucapnya, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurutnya, tim medis saat manangani pasien tersebut telah sesuai prosedur, termasuk pemberian obat terhadap pasien. Tidak ada tindakan medis di luar SOP seperti apa yang dituduhkan keluarga kepada pihak rumah sakit.

"Kami telah maksimal melakukan penanganan medis sesuai SOP dan telah melakukam koordinasi dengan pihak keluarga sebelum mengambil tindakan medis," katanya.

Ia menjelaskan, hasil penelitian terkait pemberian obat terhadap pasien juga tidak ada efek samping atau menyebabkan kondisi pasien menjadi akut.

Dirinya menyadari pemahaman masyarakat tentunya berbeda dengan pemahaman secara medis, hal tersebut kerap kali dijumpai saat melakukan tindakan medis terhadap pasien.

Terkait dengan permintaan rekam medis, sesuai undang-undang kesehatan tidak sembarangan untuk diberikan kepada seseorang, kecuali kepada pihak-pihak tertentu.

Dia memastikan, tidak ada faktor kesengajaan yang bisa merugikan atau mencelakakan seseorang yang dilakukan tim medis dalam menangani pasien. (M PRADILA KANDI/J)

Berita Terbaru