Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Instruksikan Dinas PUPR Siapkan Bantuan Pembangunan Rumah Korban Kebakaran di Kota Besi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 27 Agustus 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menginstruksikan Dinas PUPR setempat menyiapkan bantuan pembanngunan rumah korban Kebakaran di Kota Besi.

"Kita programkan untuk bantuan, usahakan mudah-mudahan bisa dibantu per rumah Rp50 juta," ujar Halikin, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Hal itu ia katakan saat meninjau lokasi kebakaran bersama Kepala BPBD Kotim Multazam, Kepala Disdamkarmat Hawianan, Pelaksana tugas Dinas PUPR Kaspul Zein, dan Camat Kota Besi Gusti Mukafi.

Sementara Wakil Bupati Irawati telah lebih dulu mengunjungi lokasi kebakaran pagi hari.

Bantuan tersebut bertujuan minimal untuk membeli seng atau kebutuhan membuat pemondokan sementara untuk tinggal para korban selamat.

Kaspul pun merespon permintaan Halikin dengan segera menurunkan tim untuk mendata korban kebakaran Senin nanti.

Halikin prihatin api membakar rumah warga menyisakan puing-puing dan kayu menjadi arang. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 04.20 WIB berasal dari sebuah rumah warga. Api menjalar sangat cepat karena bangunan rumah berdekatan terbuat dari kayu. Angin berhembus menambah cepat si jago merah melalap 5 rumah warga dan 2 rumah terdampak.

Bahkan seorang pelajar SMK berusia 16 tahun, Kevin Pratama, meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Korban berada di kamar saat api dengan cepat membesar dan tak bisa diselamatkan. 

"Kita ambil hikmahnya mari kita mewaspadai dan di sinilah bentuk empati dan kepedulian sosial kita sesama warga," ujar Halikin.

Saat ini korban selamat ditampung di rumah keluarga tak jauh dari lokasi kebakaran. Korban meninggal juga telah dimakamkan. Dapur umum juga telah dibentuk di dekat lokasi.

Berita Terbaru