Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Monyet Rentan Terinfeksi Penyakit

  • Oleh Ramadani
  • 26 Agustus 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Binatang jenis monyet rentan terinfeksi penyakit. Faktor penyebabnya karena kondisi pemeliharaan dan pakan yang tidak bersih, serta tidak dilakukan penyuntikan vaksinasi untuk kesehatan monyet. 

Pada umumnya penyakit yang menyerang antara lain virus monkeypox serta rabies, ditularkan dari monyet ke manusia ketika ada kontak langsung dengan hewan monyet terinfeksi melalui gigitan atau cakaran.

Hal tersebut diutarakan Kepala Seksi Penyedikan Penyakit Hewan Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Palangka Raya, drh. Agnes. Ia mengatakan, para pemelihara monyet wajib memperhatikan kesehatan hewannya. 

"Gigitan atau cakaran dan jilatan pada kulit yang luka oleh hewan yang terinfeksi rabies, berisiko tinggi untuk tertular kepada manusia. Misalnya, pada kasus rabies umumnya dari hewan liar atau hewan peliharaan yang tidak mendapatkan vaksin. Terlebih lagi hewan monyet rentan terinfeksi penyakit," ucapnya, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Dirinya mengatakan bahwa monyet yang tertular virus rabies biasanya akan menjadi lebih agresif dan sulit dikendalikan. Sebab, virus rabies menyerang sistem saraf hewan monyet yang terinfeksi.

Adapun cara agar monyet aman terinfeksi rabies atau penyakit lainnya, yaitu jauhi hewan liar atau hewan yang berkeliaran di jalanan, karena hewan tersebut belum tentu dirawat dengan baik. Tidak lupa juga, selalu menjaga kebersihan kandang, pakan, tubuh monyet, dan memberikan vaksin.

"Bila monyet sakit, dapat dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan pertama. Serta dilakukan vaksinasi agar monyet tidak terinfeksi virus ataupun penyakit lainnya," terangnya. (MARINI/J)


TAGS:

Berita Terbaru