Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Distribusi Air Bersih ke 5 Desa Terdampak Kekeringan

  • Oleh Uriutu
  • 31 Agustus 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – BPBD Barito Selatan mendistribusikan air bersih kepada 5 desa di wilayah Bumi Dahani Dahanai terdampak kekeringan.

Kelima desa terdampak kekeringan akibat kemarau ekstrim tersebut yakni, Desa Pamangka, Lembeng, Muara Ripung, Pararapak, dan Desa Danau Ganting.

Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya mengatakan berdasarkan laporan Camat dan Kades bahwa 5 desa tersebut mengalami kekeringan sumber air bersih.

“Untuk mencukupi kebutuhan air bersih dalam rumah tangga Pj Bupati Deddy Winarwan memerintahkan kita bersama dinas terkait menyalurkan air bersih kepada 5 Desa tersebut,” kata Alip Suraya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Ia menyampaikan pendistribusian air bersih tersebut telah dilakukan, tak hanya itu pihaknya juga memberikan bantuan sembako dan logistik.

“Pembagian logistik dan sembako tersebut bagi masyarakat kurang mampu, anak-anak stunting dan jumpu serta orang berkebutuhan khusus,” jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya melaksanakan pendampingan bagi lahan-lahan pertanian warga yang mengalami kekeringan. Sudah ada 2-3 petani meminta pendampingan.

“Pada tanaman para petani yang mengalami kekeringan kita memberikan suplai air seperti menyiramnya dan membuat pengairan seperti petani semangka dan lainnya,” beber dia.

Bagi petani yang tanamannya kekeringan, sambung dia, bisa meminta bantuan pihaknya dalam hal ini BPBD untuk melakukan penyiraman gratis. (URIUTU DJAPER/J)

Berita Terbaru