Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Poin-Poin Hasil Rakor Penyaluran ADD dengan Desa se-Gunung Mas

  • Oleh Riska Yulyana
  • 31 Agustus 2023 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ada sepuluh kesepakatan dari hasil rapat koordinasi penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) yang telah dilaksanakan pada Rabu, 30 Agustus 2023.

"Ada 10 poin hasil rapat kemarin, pertama yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bersama dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) segera mempersiapkan aplikasi penyaluran ADD," ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, Kamis, 31 Agustus 2023.

Dia melanjutkan, waktu untuk launching dipersiapkan pada tahun 2023 dan dikoordinasikan dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait percepatan penyaluran ADD, DPMD membuat petunjuk pelaksanaan penyaluran ADD tersebut.

Jaya menjelaskan bahwa melalui aplikasi tersebut diharapkan nantinya dapat membuat pencairan ADD lebih cepat.

Kesepakatan selanjutnya yakni, BKAD akan segera menyalurkan dana bagi hasil (DBH) untuk peraturan bupati tentang perjalanan dinas desa mengacu pada perpres 33 yang terbaru dan segera akan direfisi.

Kemudian kata Jaya untuk penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sepakat akan dinaikan dan disesuaikan dengan keuangan daerah pada tahun 2024.

Hasil selanjutnya, BPJS Kesehatan agar pemerintah desa mengusulkan keberatan terkait penerimaan BPJS yang doubel ke BPJS Kesehatan.

Lalu, terkait dengan perangkat desa merasa tidak bisa diberhentikan sampai umur 60 tahun tetapi lalai terhadap tugas, agar kepala desa mengacu pada aturan yang berlaku tentang pemberhentian perangkat desa.

Siltap perangkat desa dan tunjangan BPD dapat ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan mengacu pada aturan yang dibuat oleh DPMD, BKAD dan Bank Kalteng.

Selanjutnya, terkait dengan penggunaan PAdesa dimasukan dalam Perdes APBDesa.

Berita Terbaru