Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Demokrat Minta Tunda Pengesahan Raperda Penyertaan Modal BUMD Habaring Hurung Karena Anggaran Tak Sehat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 31 Agustus 2023 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggaran tak sehat, fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) meminta pengesahan rancangan peraturan daerah penyertaan modal BUMD Habaring Hurung ditunda.

"Hasil rapat kami di tingkat fraksi meminta secara tertulis melalui penyampaian pandangan akhir kami agar pengesahan Raperda Penyertaan Modal BUMD Habaring Hurung ditunda dulu," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sihol Parningotan Lumban Gaol, Kamis, 31 Agustus 2023.

Ia menegaskan, raperda penyertaan modal tersebut ditunda bukan ditolak. Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab ia melihat kondisi APBD sedang tidak baik-baik saja.

Ia melihat khususnya APBD 2023 yang sudah diproyeksikan dalam pelaksanaannya tidak berjalan sesuai harapan. Sangat banyak pekerjaan-pekerjaan di beberapa OPD yang penyerapan anggarannya sangat kecil, sementara sudah memasuki semester kedua.

Oleh karena itu Fraksi Demokrat konsisten mendorong pemerintah daerah supaya membenahi atau menyehatkan APBD terlebih dulu. Supaya benar-benar antara arus kas masuk itu dengan kas keluar berimbang.

"Ini saja belanja yang sudah diasumsikan tidak ada uangnya malah mau membangun perusahaan yang notabene perusahaan ini pun kita belum tentu bisa langsung cepat bekerja atau apa kita hanya investasi saja bisa hasilnya lama," tandasnya.

Lanjutnya, ia pun menyoroti APBD murni 2024 bahwa telah disampaikan Bupati pada pidato pengantarnya bahwa diproyeksikan hanya Rp 1,738 triliun, sedangkan APBD 2023 sudah Rp 2,2 triliun. Artinya APBD 2024 diproyeksikan lebih rendah. Ia mempertanyakan kenpa menyertakan modal lagi dengan proyeksi demikian.

"Kami ingin melihat kebenaran dari APBD 2023 hingga perubahannya, hingga akhir masa anggaran berarti Desember. Kami akan mengesahkan APBD murni 2024 sekitar bulan November berapa sebenarnya muncul proyeksi di sana. Baru setelah itu Fraksi Demokrat memberikan restu jika mau disahkan raperda penyertaan modal menjadi Perda penyertaan modal BUMD Habaring Hurung," katanya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru