Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ormas Wajib Ciptakan Suasana Kondusif di Tahun Politik

  • Oleh ANTARA
  • 01 September 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Sugondo mengingatkan kepada seluruh organisasi masyarakat (ormas) yang ada di daerah setempat, untuk bisa menciptakan suasana damai dan kondusif di tahun politik ini.

“Keberadaan ormas bukan menjadi sarana untuk memecah belah tetapi bersama-sama berpartisipasi ikut membantu menciptakan suasana kondusif menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024,” kata Sugondo di Pulang Pisau, Kamis.

Menurut Sugondo, ormas merupakan bagian dari masyarakat yang keberadaanya memiliki peran, tugas, dan fungsi masing-masing. Selain menjalankan tugas pokok setiap fungsinya, keberadaannya ormas juga bisa menumbuhkan dan mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat serta menjaga, memelihara, dan memperkuat kesatuan bangsa.

Dikatakan Sugondo, ada tiga macam ormas yakni yang dibentuk oleh masyarakat, pemerintah, dan juga dari partai politik (Parpol). Semakin berkembang ormas, dirinya berharap keberadaannya harus bisa menciptakan dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang selama ini sudah terjalin di kabupaten setempat.

Dirinya juga berharap, keberadaan ormas yang memiliki jaringan yang cukup luas dan memiliki anggota generasi muda yang berbaur di tengah-tengah masyarakat bisa sebagai corong untuk meredam berbagai isu-isu yang bisa memecah belah kesatuan dan persatuan.

Dari data yang ada di Badan Kesbangpol setempat, beber dia, ada sebanyak 86 ormas di Kabupaten Pulang Pisau. Namun, ada beberapa ormas diantaranya telah habis masa kepengurusan dan belum melapor kembali mendaftarkan diri.

Sugondo juga berharap, peran aktif Ormas yang ada di kabupaten setempat untuk bersama-sama menciptakan situasi kondusif menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 deteksi dini apabila ada potensi kerawanan yang bisa menimbulkan perpecahan dengan munculnya bermacam isu yang bisa memanaskan Pemilu 2024.

ANTARA

Berita Terbaru