Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahalnya TIket Pesawat dari dan Menuju Kobar, Pemkab Upayakan 3 Solusi Begini

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 September 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait banyaknya keluhan masyarakat pengguna moda transportasi udara akibat mahal dan susahnya mendapatkan tiket dari dan menuju Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Pemkab Kobar melalui Dinas Pehubungan (Dishub) Kobar menggelar Rapat Koordinasi Penerbangan di ruang rapat Bupati, Jumat, 1 September 2023.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Pj. Bupati Kobar Budi Santosa, Plt. Sekda Juni Gultom, Kadishub Kobar Amir Hadi, Kadiskominfo Kobar Rodi Iskandar, pewakilan dari UPBU Iskandar serta maskapai angkutan udara yang melayani rute Kabupaten Kobar ini dibahas berbagai hal yang menjadi penyebab mahalnya harga tiket dari dan menuju Kabupaten Kobar.

Usai rapat Plt. Sekda Juni Gultom menjelaskan ada 3 opsi yang rencananya bakal dijalankan guna mencari solusi permasalahan tersebut.

"Opsi pertama salah satu maskapai penerbangan yaitu Nam Air bakal melakukan extra flight atau penambahan jadwal terbang dari dan menuju Kobar3 kali seminggu dengan rute Pangkalan Bun - Jakarta. Kemudian, opsi kedua yaitu Pemkab Kobar bersama UPBU Bandara Iskandar bakal mengirimkan surat pada maskapai Citilink dengan rute pankalan Bun - Lanud Halim Perdanakusuma yang dulu sempat melayani rute penerbangan ke Pangkalan Bun, agar bisa kembali beroperasi. Semoga hal ini bisa terealisasi," jelas Plt. Sekda.

Kemudian, lanjut Plt. Sekda, pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan apakah ada kesempatan untuk mengunakan rute baru yaitu Pangkalan Bun - Bandung.

"Sehingga warga Kabupaten Kobar yang bermaksud bepergian ke Jakarta, bisa menggunakan opsi ini. Lantaran posisi Kota Bandung yang berada  tengah beberapa kota tujuan bisnis. Jadi misalnya ada warga yang bermaksud ke Jakarta. Dari pada mengunakan pesawat yang terpaksa transit di Semarang dan tentunya membuat harga tiket semakin mahal, bisa langsung menggunakan pesawat yang direct ke Bandung," jelas Plt. Sekda.

Kemudian, menurut Plt. Sekda, untuk menuju Jakarta, bisa menggunakan kendaraan darat yang biaya angkutannya sudah include atau dimasukkan dalam biaya  tiket keberangkatan, sehingga bisa lebih murah.

"Ini beberapa  solusi yang bakal dilakukan dalam jangka pendek guna mengatasi permasalahan mahal dan susahnya mendapatkan tiket pesawat dari Pangkalan Bun menuju daerah lain, selai. juga uoaya terus berkoordinasi dengan kemenhub dan pihak maskapai lainya agar jumlah maskapai yang melayani angkutan dari dan menuju Pangkalan Bun semakin banyak," jelas Plt. Sekda. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru