Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hendra Lesmana Wujudkan Impian Masyarakat Pelosok Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 September 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Masyarakat yang tinggal di desa-desa lokal di pelosok Kecamatan Menthobi Raya bahagia bukan main kala sejumlah keinginannya yang sudah lama diimpikan mampu diwujudkan Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

Hal itu tercermin saat peresmian jalan sepanjang 19, 283 kilometer dengan lebar jalan 16 meter akses penghubung tiga desa yakni Desa Topalan, Baru Ampar dan Lubuk Hiju.

Panitia yang juga merupakan sekretaris desa (Sekdes) Lubuk Hiju, saat menyampaikan laporan kegiatan kala itu terlihat berkaca-kaca menahan haru bahagia. Betapa, di masa kepemimpinan Bupati Hendra Lesmana telah banyak program yang diwujudkan di desanya dan diyakini akan memiliki manfaat besar untuk masyarakat.

“Kami masyarakat di sini bahagia sekali pak Bupati. Betapa tidak, ada tiga program yang sekaligus diwujudkan. Tiga program ini kami anggap sebagai kado kemerdekaan terindah di agustus tahun 2023,” kata Salomo, Jumat, 1 September 2023.

Ia juga merinci, program yang dianggap sebagai hadiah itu antara lain, jalan sepanjang 19 km lebih yang merupakan jalan penghubung antar tiga desa (Desa Topalan-Batu Ampar-Lubuk Hiju) yang sudah rampung dikerjakan secara konsorsium. Kemudian, program penyediaan air minum dan sanitasi berbagis masyarakat (Pamsimas) yang baru saja selesai dibangun dan telah diujicobakan.

“Terakhir adalah program layanan listrik yang sebentar lagi segera terwujud. Dapat dilihat di sepanjang jalan menuju sini pak, tiang-tiangnya (tiang listrik) sudah sampai di desa kami pak dan saat ini sebagian sudah proses pemasangan tiang,” katanya.

Salomo mengatakan, ketiga program yang berhasil diwujudkan merupakan kebutuhan dasar yang sejak puluhan tahun diimpikan masyarakat. “Kami meyakini jika tanpa ada ide dan gagasan serta inovasi dan kebijakan pak Bupati, program-program ini mungkin masih sebatas impian dan harapan. Atasan nama pemerinta desa dan masyarakat khususnya Lubuk Hiju kami haturkan terima kasih banyak pak Bupati,” ucapnya lagi.

Sementara itu, dalam kesempatannya Bupati Hendra Lesmana menyebut jika akselerasi pembangunan akan sangat sulit dilakukan jika hanya mengandalkan APBD yang sangat terbatas. Sejak mendapat amanah sebagai Bupati, kata dia, setiap potensi terus dijajaki. Termasuk soal upaya pemenuhan akses pelayanan listrik di desa-desa.

Bupati Hendra juga bercerita sekilas tentang bagimana upayanya bersuara lantang saat mengikuti rapat koordinasi bersama Kementrian Keuangan (Kemnkeu RI) dan lintas sektoral termasuk PLN selaku BUMN di tahun 2021 lalu.

“Di forum itu, tanpa malu-malu saya sampaikan bahwa jika pemerintah melalui BUMN-nya tidak sungguh-sungguh melakukan upaya perluasan jaringan dan pelayanan listrik hingga ke desa-desa, artinya pemerintah sedang terus-menerus memiskinkan rakyatnya,” kata Bupati.

Berita Terbaru