Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setengah Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia Dikembangkan Secara Swadaya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 September 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Eddy Abdurrachman mengatakan bahwa sekitar setengah perkebunan kelapa sawit Indonesia merupakan sawit yang dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat yang tersebar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

"Sekitar setengah perkebunan kelapa sawit Indonesia merupakan sawit yang dikembangkan secara swadaya. Dinamika itu memberikan tantangan tersendiri dalam mendorong hilirisasi kelapa sawit," kata Eddy dalam rilis yang disampaikan melalui rilis kepada Borneonews pada Jumat, 1 September 2023.

Hal ini juga disampaikan Eddy saat memberikan kata sambutan pada Workshop dalam rangka Rembuk Tani Nasional III tahun 2023 yang dilaksanakan Serikat Petani Kelapa Sawit atau SPKS di Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2023.

"Sebab, petani kelapa sawit swadaya memiliki banyak tantangan dalam menjalankan sawit mereka," tuturnya.

Beberapa masalah yang muncul, lanjut Eddy, antara lain masalah rantai pasok dari perkebunan hingga ke pabrik, infrastruktur yang kurang memadai, produktivitas yang relatif rendah dan kurangnya pengetahuan petani swadaya terhadap praktek pertanian yang baik serta akses yang terbatas terhadap teknologi maupun sertifikasi.

"Masalah tersebut, sangat penting untuk diatasi dengan solusi yang efektif dan strategis, salah satunya melalui strategi industri integrasi dari hulu hingga hilir, salah satunya melalui mandatori biodiesel," bebernya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru