Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasca ASF Menyebar, Populasi Ternak Babi di Palangka Raya Menurun 90 Persen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 September 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pasca menyebarnya Demam Babi Afrika atau yang dikenal ASF, populasi ternak babi di Kota Palangka Raya saat ini menurun hingga 90 persen.

"Saya memang baru hitungan hari ya menjabat sebagai Kabid dan belum melakukan rapat koordinasi yang resmi, namun info dari teman-teman bahwa saat ini populasi babi di Kota Palangka Raya ini sudah menurun sampai 90 persen," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno kepada Borneoenews pada Sabtu, 2 September 2023.

Menurut Ganjar, penurunan popilasi ini terjadi pasca banyaknyaa ternak babi milik masyarakat yang mengalami kematian saat virus ASF merajalela pada akhir 2022 hingga awal 2023 ini.

"Sekarang ini ternak babi yang tersisa hanya sekitar 10, paling banyak 15 persen dari jumlah awalnya di akhir tahun 2022 kemarin. Ini jumlah ternaknya ya, bukan jumlah peternaknya," jelasnya lagi.

Karena jika berbicara jumlah peternaknya menurut Ganjar tentu akan berbeda lagi bahkan lebih memprihatinkan.

"Kalau peternaknya malah banyak sekali yang bisa kita katakan sudah bukan peternak lagi karena pada saat ASF menyerang itu ternaknya mati semua. Walau sudah disupport bantuan babi baru dari dinas pun, informasinya yang baru itu juga mati lagi. Sehingga banyak peternak yang pensiun memelihara babi setelah diserang ASF," bebernya.

Hal ini salah satunya dikonfirmasi Edina Vero, salah seorang mantan peternak babi di bilangan Tingang, Kota Palangka Raya.

"Dulu orang tua saya memelihara 10 ekor babi, tapi mati semua waktu ASF akhir tahun kemarin. Tidak sampai Januari 2023, 10 ekor babi itu mati semua terjangkit ASF. Setelah itu orang tua saya tidak memelihara babi lagi," tutur Edina. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru