Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Peran Perguruan Tinggi Bisa Selamatkan Mangrove

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 September 2023 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Program Studi Magister dan Doktor Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan atau PSL Universitas Sumatera Utara atau USU, Profesor Rahmawaty mengatakan bahwa tiga peran Perguruan Tinggi atau Tridharma Perguruan Tinggi bisa membantu menyelamatkan mangrove.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional yang mengangkat tema Potensi Perkembangan Mangrove di Kawasan Lesser Sunda baru-baru ini.

"Tiga peran perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, bisa menyelamatkan mangrove yang ada saat ini," kata Prof Rahmawaty.

Melalui riset, lanjutnya, bisa menjadi dasar pembuatan kebijakan pengembangan Kawasan mangrove.

"Melalui pemberdayaan masyarakat, manfaat ekonomi mangrove juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang tinggal di kawasan mangrove," tegasnya.

Ketika masyarakat menerima manfaat ekonomi dengan keberadaan mangrove itu, lanjutnya, maka masyarakat akan turut menjaga kelestariannya. Itulah yang diharapkan dari penerapan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Perguruan tinggi bisa melakukan pendidikan dan penelitian secara rutin, termasuk juga program pengabdian masyarakat diarahkan ke kawasan mangrove," bebernya.

Salah satu kawasan mangrove di Lesser Sunda yaitu Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat NTB berkembang berkat dukungan perguruan tinggi, pemerintah, swasta, media, dan komunitas.

"Program pengabdian masyarakat juga menjadi penting karena potensi mangrove bisa dioptimalkan dengan dukungan perguruan tinggi," kata Guru Besar USU ini.

Pemanfaatan buah mangrove untuk diolah menjadi sirup, kopi, olahan kue menurutnya bisa dibantu oleh kegiatan pengabdian masyarakat.

Berita Terbaru