Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teruslah Belajar, Jujurlah, dan Cegahlah Perundungan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 September 2023 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Cuaca pada Senin, 11 September 2023 cukup cerah. Pukul 06. 30 upacara di halaman sekolah. Lebih seribu siswa berbaris rapi. Puluhan guru dan mahasiswa peserta PPL dari tampak berbaris di sisi barisan tersendiri. Petugas upacara melaksanakan tugasnya dengan cekatan dan khidmat.

Budi Purwono bertindak sebagai pembina upacara. Guru mata pelajaran Fisika sekaligus Kepala Laboratorium MIPA SMAN 5 Palangka Raya memberikan amanatnya secara padat. Ia mengajak para siswa untuk senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh. Dikatakan bahwa manusia, khususnya siswa punya kewajiban belajar agar bisa terus mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Melalui belajar siswa dapat menambah wawasan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

"Bukan hanya siswa yang harus belajar dengan baik. Kami para guru pun senantiasa belajar agar bisa menyesuaikan dengan perubahan dan dinamika yang terus terjadi agar tidak tertinggal. Semakin banyak belajar, kita akan menyadari betapa kita masih memiliki banyak kekurangan atau kelemahan. Oleh karena itu, terus belajar di mana saja dengan beragam sumber belajar adalah suatu keharusan bagi kita semua," tuturnya.

Di sisi lain, Budi menyinggung masih adanya segelintir siswa yang tidak jujur. Berangkat dari rumah dengan seragam lengkap dan sudah minta izin kepada orang tua/wali, ternyata siswa itu tidak berangkat ke sekolah, tetapi menyimpang ke tempat lain yang tidak semestinya. Ini menunjukkan perilaku bahwa siswa tersebut telah berbuat tidak jujur. Kerugian jika membohongi orang tua, tentu berdosa. Selain itu, siswa juga rugi karena tidak belajar di sekolah, tetapi membolos tanpa kejelasan dan berpontensi terpengaruh hal yang negatif.

"Ingat dengan janji kalian sebagai siswa. Salah satu sikap hormat terhadap orang tua/wali adalah dengan bersikap jujur. Jika tidak jujur, kalian akan sangat rugi. Rugi karena terkikis kepercayaan orang tua/wali dan pihak sekolah kepada kalian dan rugi karena tidak belajar. Jadi, mari bersikap jujur agar beroleh kebaikan," tegasnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah siswa harus mencegah segala macam bentuk perundungan (bullying). Masih kadang-kadang terjadi perundungan antarsiswa. Ini tentu tidak boleh dilakukan. Semua siswa harus saling menghargai. Siswa kelas yang lebih tinggi tidak boleh melakukan perkataan, sikap, dan tindakan apa pun dengan alasan memberikan sanksi kepada adik kelasnya yang dianggap melanggar peraturan.

"Jika ada masalah, silakan laporkan kepada guru agar bisa diselesaikan dengan baik dan bijak. Jangan diam-diam mengambil tindakan yang bukan hak kalian. Siswa kelas XII dan XI harus menjadi contoh atau teladan yang baik. Tunjukkan karakter dan prestasi terbaik agar sekolah kita lebih aman lagi dan terbebas dari segala macam bentuk perundungan (bullying)," tegasnya mengakhiri amanat. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru