Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Harapkan Pemilih Pemula yang Cerdas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 September 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau telah melakukan sosialisasi kepada para pemilih pemula untuk menyukseskan Pemilu 2024. Peserta sosialisasi adalah siswa SMA/sederajat sebagai pemilih pemula yang diharapkan partisipasinya dalam pemilihan umum mendatang.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyampaikan, Pemilu sebagai sarana untuk memilih para pemimpin dan wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif. Warga yang baru memilih untuk pertama kalinya atau pemilih pemula ini sangat besar jumlahnya, sehingga memiliki peran penting untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang.

“Bagi para pemilih muda yang masih duduk di bangku sekolah, ikuti Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, sebagai pemilih yang berpendidikan harus cerdas dalam menentukan pilihan,” ujar Bupati Hendra saat dikonfirmasi pada Senin, 18 September 2023.

Dalam rangka menyambut pesta demokrasi secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang, peran dari generasi muda sangat penting dalam menghadapi persoalan bangsa Indonesia saat ini.

“Peran dari pemilih muda dalam Pemilu berada antara antusiasme dan apatisme politik, pada satu sisi sangat bersemangat dan ingin mengetahui seputar pemilu,” ucapnya.

Kegiatan ini juga untuk mencegah terjadinya politisasi terhadap pemilih pemula seperti minimnya pemahaman terkait dengan teknis pencoblosan, dan lain sebagainya.

Hendra juga berharap stakeholder terkait dapat lebih intens melakukan pendidikan kepada kepada pemilih muda agar menjadi pemilih yang cerdas mengedepankan rasionalitas menentukan pilihannya.

“Di tengah perkembangan teknologi ini kita harus mampu memilah informasi yang akurat apalagi informasi tersebut berkaitan erat dengan Pemilu mendatang,” ujar Hendra.

Narasumber pada sosialisasi ini adalah KPU Kabupaten Lamandau, Bawaslu Kabupaten Lamandau, dan Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan adanya sosialisasi kepada pemilih pemula ini diharapkan nantinya mampu meningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu dan Pilkada 2024 di Kabupaten Lamandau. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru