Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Palangka Raya Tingkatkan Kompetensi Pengawas Konstruksi

  • Oleh Hendri
  • 19 September 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palangka Raya terus meningkatkan kompetensi ASN Pengawas jasa konstruksi melalui Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kepala Dinas PUPR Palangka Raya, Arbert Tombak mengatakan, jasa konstruksi mempunyai peranan penting dan strategis mengingat jasa konstruksi menghasilkan produk akhir berupa bangunan atau bentuk fisik lainnya.

"Jasa konstruksi menghasilkan produk akhir berupa bentuk fisik sebuah konstruksi bangunan," katanya, Selasa, 19 September 2023.

Bangunan tersebut dapat berupa sarana maupun prasarana yang memiliki fungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan di bidang ekonomi, sosial maupun budaya masyarakat.

Dalam kaitannya dengan bidang ekonomi, jasa konstruksi ini dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari peranannya akan ketersediaan infrastruktur yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga mampu meningkatkan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian daerah.

"Bimtek kami lakukan dalam rangka mewujudkan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi, pengguna jasa wajib melakukan pengawasan untuk memastikan terpenuhinya persyaratan keteknikan dan administrasi kontrak," jelasnya.

Dia menyebutkan penyelenggaraan konstruksi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah masih sering menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan faktor kurang optimalnya fungsi pengendalian dan pengawasan oleh pengguna jasa atau oleh konsultan pengawas. (HENDRI/j)

Berita Terbaru