Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Resmikan Balai Rehabilitasi NAPZA Adhyaksa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 September 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meresmikan Balai Rehabilitasi NAPZA Adhyaksa Barito Timur di Jalan Nansarunai Tamiang Layang, Rabu, 20 September 2023.

Acara tersebut dihadiri Sekda Barito Timur Panahan Moetar, Kajari Daniel Panannangan, Kapolres AKBP Viddy Dasmasela, Wakil Ketua II DPRD Depe, Ketua PN Tamiang Layang Moch Isa Nazarudin, Perwakilan Karutan Tamiang Layang, kepala perangkat daerah terkait serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan bahwa balai rehabilitasi NAPZA ini sebagai  wadah atau tempat untuk merehabilitasi para pencandu narkotika. Untuk pengoperasian balai rehabilitasi tersebut Kejaksaan Negeri Barito Timur bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat.

Pada kesempatan itu Ampera juga mengimbau kepada masyarakat terutama kalangan remaja agar selalu menghindari narkoba.

"Harapan kami, kalangan remaja jangan pernah untuk mendekati yang namanya narkoba," tegas Bupati.


Sementara itu, Kajari Daniel Panannangan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barito Timur yang telah mendukung penuh atas terbangunnya balai rehabilitasi itu.

Menurutnya, tempat rehabilitasi pecandu narkoba tersebut merupakan hasil kerja sama kejaksaan dengan Pemkab Barito Timur dengan aset gedung ini pun milik Pemkab Barito Timur yang dipinjam pakai.

"Untuk saat ini yang punya balai rehabilitasi NAPZA baru Barito Timur dan Katingan. Sedangkan daerah lainnya masih menumpang di rumah sakit," ungkap Kajari.

Dia menjelaskan, balai rehabilitasi itu tidak lepas dari program restorative justice (keadilan restoratif). Restorative justice bisa dilakukan pada waktu masih tahap kepolisian maupun tahap penuntutan oleh jaksa sebelum adanya putusan pengadilan.

Beberapa perkara penyalahgunaan narkoba, lanjut Daniel, bisa saja dilakukan restorative justice.

Berita Terbaru