Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendataan Kependudukan Terus Dilakukan KPU Kalteng

  • Oleh Marini
  • 20 September 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terkait adanya perubahan kependudukan untuk pemilih, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja menyampaikan informasi bahwa pendataan terus dilakukan oleh pihaknya.

Karena setiap kependudukan pasti ada yang berkurang, maupun tidak tetap berdasarkan tempat pemungutan suara.

"Dari Juni sampai Februari itu kan pasti ada dinamika kependudukan. Pemilih yang terdaftar dalam DPT itu, pindah keluar, pindah masuk, meninggal dunia, atau ada yang menggunakan haknya pindah memilih itu sesuatu yang wajar," ucapnya, Rabu, 20 September 2023.

Ia mengatakan hal tersebut akan diproses ke tahap selanjutnya, contohnya apabila pihak menemukan ada laporan bukti, ada pemilih yang meninggal. Maka, didaftar pemilih ada catatan bahwa pemilih bersangkutan meninggal dunia.

Dirinya melanjutkan, bahwa saat ini hingga Februari 2024 KPU lewat petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tetap melakukan pencermatan data.

Namun, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak mengalami perubahan. Dan jumlahnya tetap. Dirinya menyatakan oleh itu pentingnya pencermatan data kependudukan yang mengambil peran.

"Kalau DPT tidak berubah. Misalkan jumlahnya 300 dia tetap tercatat sampai Februari nanti ya 300. Tapi dalam 300 nanti ada 2 orang yang meninggal, pindah keluar, dan tidak ada ditempat sudah dibuktikkan. Makanya ini yang penting hubungannya dengan administrasi kependudukan," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru