Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banggar DPR RI: Pembangunan IKN Bantu Pertumbuhan Ekonomi Bergeser ke Tengah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 September 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Mukhtarudin menyambut baik kebijakan Presiden Jokowi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Hal tersebut disampaikan Mukhtarudin. Lantaran, dengan dibangunnya IKN, maka ini wujud pemerataan pembangunan dan bisa disebut pertumbuhan ekonomi bergeser ke tengah. Sehingga pertumbuhan ekonomi tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

"Artinya ketidakseimbangan ini akibat dari pertumbuhan sentra-sentra ekonomi yang tidak merata. Sekarang kalau bicara pemerataan pembangunan di 'tengah' yaitu IKN," kata Mukhtarudin, Kamis, 21 September 2023.

Mukhtarudin sepakat, bahwa Presiden Jokowi mengatakan alasan utama dibangunnya Ibu Kota Nusantara (IKN), merupakan pemerataan baik dari sisi ekonomi, penduduk, maupun infrastruktur pembangunan.

Kemudisn, penduduk di Indonesia mayoritas berada di Jawa dengan 58 persen (PDB ekonomi), dan 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa.

Betapa padatnya Pulau Jawa sehingga butuh yang namanya pemerataan pembangunan, bukan bersifat Jawa sentris tapi Indonesia sentris.

Menurut Anggota DPR RI Dapil Kalteng ini, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, maka logistik menjadi kunci utamanya.

"Artinya kalau logistiknya kita membaik, maka investasi yang ditanam akan memberikan hasil yang lebih baik," imbuhnya.

Dengan demikian, lanjut Mukhtarudin, maka pertumbuhan ekonomi 6 persen sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 dapat tercapai.

Mukharudin juga mengaku bahwa pemindahan ibu kota bukan hanya sekedar pemindahan fisik terkait bangunan atau gedung-gedung pemerintahan. Akan tetapi Pemindahan IKN yakni merencanakan pusat perkotaan yang modern, dengan prinsip Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai Future Smart Forest City of Indonesia.

Berita Terbaru