Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Bangunan Milik PT HMBP 1 Seruyan Informasinya Dibakar

  • Oleh Tim Borneonews
  • 21 September 2023 - 21:23 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Sejumlah bangunan milik di PT Hamparan Massawit Bangun Persada  (HMBP) 1 Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan informasinya dibakar.

Rekaman video yang beredar di media sosial, terjadi aksi pembakaran sejumlah bangunan. Tampak dalam video tersebut kejadiannya seperti pada malam hari.

Dari video itu ada sebuah suara lelaki menyebut kejadian di PT Hamparan. Sejumlah bangunan yang dibakar di antaranya gazebo, perumahan estate, kantor, dan perumahan guru.

Sejauh ini memang terjadi aksi damai yang dilakukan warga Desa Bangkal. Mereka menggelar aksi di lokasi PT HMBP 1.

Sejumlah tuntutan disuarakan warga dalam aksi itu. Warga menuntut PT HMBP I memberikan 20 persen plasma dari luasan Hak Guna Usaha (HGU) lahan inti dari PT HMBP I.

Kemudian, masyarakat Desa Bangkal menuntut lahan yang berstatus di kawasan hutan dengan luas kurang lebih 1.175 hektare, dikelola oleh masyarakat sendiri.

Selanjutnya, kiri kanan jalan negara, pinggir danau dan sungai kurang lebih 500 meter yang masuk areal PT HMBPI harus dikembalikan dan diserahkan kepada masyarakat Desa Bangkal.

Selain itu, ada beberapa tuntutan dari masyarakat Desa Bangkal yang dianggap penting dan perlu mendapat perhatian dari PT HMBP I. 

Sejauh ini menurut Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bolow situasi di PT HMBP 1 kondusif. 

Memang sebelumnya situasi sempat memanas lantaran ada sekelompok  orang dengan menggunakan  mobil pikap hendak membuat  sedikit kericuhan.

Berita Terbaru