Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Kalteng Berikan Materi Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 September 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng memberikan materi dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F Dirun menyampaikan materi terkait peranan kepemimpinan bagi aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Kepemimpinan itu adalah sebuah sistem melibatkan orang lain, proses kepemimpinan inilah yang memiliki interaksi antara manusia dengan manusia lainnya,” ungkapnya di Hotel Fovere, Kota Palangka Raya, Senin, 25 September 2023.

Ia mengatakan substansi inti dari interaksi sosial itu adalah saling menghargai dan menghormati kekurangan dan kelebihan.

“Sehingga terbentuklah sebuah sistem yang ideal yang berpengaruh langsung terhadap ikatan emosional,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, hanya dengan kearifan lokal kita bisa membangun hubungan emosional dalam melaksanakan kepemimpinan dengan hati kepemimpinan Huma Betang.

Yakni dengan, spiritualitas atau campur tangan tuhan, mendahulukan dan menghormati ajaran para tetua dimana orang tua mampu memberikan arahan atas pengalaman hidupnya bagi generasi selanjutnya, Budaya rumah Betang, Musyawarah antar masyarakat adat, dan Keadilan. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru