Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Penipuan Akun Palsu Mengatasnamakan Pejabat

  • Oleh Pathur Rahman
  • 25 September 2023 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di era digitalisasi dan teknologi serta informasi yang canggih saat ini, memiliki sebuah celah bagi oknum untuk mencuri data dan menggunakannya sebagai alat untuk menguntungkan diri sendiri.

Terkait hal tersebut Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Kominfo SP) Kota Palangka Raya Saipullah, meminta kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar waspada penipuan dengan adanya akun palsu mengatasnamakan pejabat.

Menurutnya dalam satu minggu terakhir ada tiga akun palsu pejabat, pertama akun Facebook palsu milik Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran, kemudian akun WhatsApp palsu milik Sekda Kalteng H Nuryakin.

"Bahkan saya sendiri pun menjadi salah satu korban akun palsu, dimana ada akun Facebook palsu yang mengaku - ngaku saya dan menghubungi teman - teman kantor saya," katanya, Senin, 25 September 2023.

Lanjutnya, apabila menemui akun yang dirasa mencurigakan dengan mengatasnamakan pejabat, harap masyarakat Kota Palangka Raya bisa melaporkan hal tersebut ke instansi teknis baik tingkat kota maupun provinsi.

"Modus kejahatan dan penipuan semakin beragam maka dari itu kami meminta kepada masyarakat Kota Palangka Raya agar bijak dan melek dalam menggunakan teknologi," pungkasnya. (Pathur/H)

Berita Terbaru