Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Karhutla di Kalteng Perlu Sinergitas

  • Oleh Donny Damara
  • 29 September 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi saat ini di Kalteng perlu adanya sinergitas.

Menurut Rasyid, sinergitas penting agar penanganan dapat dilakukan dengan maksimal. Oleh karenanya, antara pemerintah baik pusat hingga daerah supaya bisa memperhatikan hal ini, sebab karhutla di Kalteng sudah semakin parah.

"Sampai saat ini penganan karhutla terus dilakukan tapi masih kurang maksimal, terbukti kualitas udara di Kalteng semakin buruk karena kabut asap yang semakin tebal. Jadi untuk penanganan maksimal perlu adanya sinergitas," ucapnya, Jumat, 29 September 2023.

Rasyid mengatakan, antar pemerintah harus saling bersinergi terutama dalam menyiapkan alat-alat pemadaman karhutla, sebab untuk menangani karhutla di Kalteng harus membutuhkan peralatan memadai terlebih untuk memadamkan api yang sulit dijangkau.

"Pemda di Kalteng ini harus bisa bergerak cepat dalam menangani karhutla, jika memang peralatan yang ada tidak maksimal ajukan ke pusat untuk meminta bantuan seperti halnya pengadaan helikopter bombing dan prasarana lainnya," ujarnya.

Rasyid khawatir, apabila karhutla di Kalteng ini tidak tertangani dengan maksimal maka akan dapat membuat kabut asap semakin tebal dan pastinya akan mengganggu kesehatan. Oleh karena itu berbagai upaya atau langkah supaya terus dilakukan atau dipikirkan.

"Harapan kita tentu pengalaman terhadulu di mana Kalteng pernah mengalami karhutla besar dan mengakibatkan kabut asap tebal agar dijadikan pelajaran. Langkah arau solusi penanganan harus dilakukan agar karhutla bisa dengan cepat tertangani," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru