Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Tanam Okmar di Barsel Hanya di Kecamatan Gunung Bintang Awai

  • Oleh Uriutu
  • 29 September 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Musim tanam Oktober-Maret (Okmar) tahun 2023 di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) hanya ada di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Hal tersebut disampaikan kepala DKPPP Barito Selatan, Ida Safitri, Jumat, 29 September 2023.

“Untuk musim tanam Okmar di Barsel hanya ada di Desa Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai,” kata Ida Safitri.

Ia mengatakan, sebelumnya, telah dilakukan panen raya di salah satu lokasi food estate di Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir. Panen raya itu dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo.

Sementara, lanjut dia, untuk lokasi food estate di Kecamatan Gunung Bintang Awai, luasan lahan pertanian di Desa Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji kurang lebih 150 hektar.

“Diperkirankan pada Oktober mendatang sudah mulai penyemaian di dua desa tersebut. Namun demikian, kita masih melihat intensitas curah hujan,” ucap dia.

Apabila masih kemarau seperti ini, sambung dia, para petani tidak akan menyemai benih padi. Adapun jenis padi yang ditanam nantinya yakni, inpari, lokal dan padi bibit unggul. Jika bibit unggul semua takutnya cuaca tidak menentu mengakibatkan diserang hama.

“Nanti kita akan mencoba berkomunikasi dengan kelompok tani di sana agar penanamannya berbarengan,” kata dia.

Hal ini salah satu upaya untuk mengurangi resiko hama penyakit tanaman. Ia menambahkan berdasarkan informasi dari BMKG bahwa pada Oktober intensitas hujan mulai tinggi, sehingga dapat dilakukan penanaman. (URIUTU DJAPER/Y)

Berita Terbaru