Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Tingkatkan Upaya Penanganan Karhutla di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 29 September 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak mendorong pemda provinsi, kabupaten dan kota agar dapat meningkatkan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kalteng.

Dengan peningkatan itu, ia meyakini penanganan karhutla akan dapat dilakukan dengan maksimal. Oleh karena itu, hal ini harus bisa menjadi perhatian bersama sehingga karhutla tidak semakin membawa dampak negatif terutama bagi kesehatan.

"Kita dulu pernah mengalami kejadian di mana kabut asap tebal terjadi akibat karhutla dan menimbulkan banyak dampak negatif. Tentu, itu tidak kita harapkan terjadi lagi, sehingga upaya penganan harus lebih ditingkatkan," ucapnya, Jumat, 29 September 2023.

Dalam upaya meningkatkan penanganan karhutla ini, pemerintah harus bisa mendorong seluruh elemen termasuk masyarakat untuk terlibat. Sebab, kejadian karhutla tidak hanya dapat merugikan satu kelompok saja tapi juga semua orang secara umum.

Di sisi lain, dalam hal penanganan juga diperlukan sarana dan prasarana yang memadai serta kesiapan. Apabila memang sarana di daerah tidak memungkinkan maka perlu adanya langkah tepat untuk memenuhi sarana itu misalnya meminta bantuan pemerintah pusat.

"Kita pun mengajak semua pihak termasuk masyarakat agar dapat peduli terhadap kasus karhutla di Kalteng ini, selain tidak membakar lahan dengan sengaja supaya juga dapat terpibat dalam hal penanganan, sehingga karhutla tidak semakin membesar," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru